Tiga Solusi pembayaran dalam percakapan

WhatsApp telah menjadi kanal komunikasi paling efektif untuk pengingat,
notifikasi, dan informasi pembayaran. Namun, proses transaksi masih sering berpindah ke aplikasi lain. Melihat peluang ini, Innovasia membangun solusi yang menjadikan pembayaran
terintegrasi langsung di dalam percakapan, tanpa harus keluar dari WhatsApp

Payment base on Business-Initiated Conversation (BIC)

Pembayaran dalam Percakapan yang dimulai oleh bisnis. Dengan cara mengirimkan pesan masal (Broadcast) yang menginformasikan tagihan yang harus dibayar atau Informasi tertentu yang membutuhkan transaksi.

Cocok untuk:

  1. Tagihan otomatis (invoice, langganan, donasi, tiket, dan
    sebagainya)
  2. Broadcast informasi pembayaran
  3. Penagihan berulang

Contoh:

Bisnis mengirim pesan tagihan melalui WhatsApp, pelanggan
langsung memilih metode pembayaran dan menyelesaikan
transaksi tanpa keluar dari percakapan.

Catatan Tambahan

Model ini akan menimbulkan biaya per pesan terkirim dari broadcast saat menginformasikan pembayaran kepada pelanggan. Yuk bangun Messaging Journey untuk pembayaran melalui broadcast bersama Innovasia

Payment Based on Customer-Initiated Conversation (CIC)

Pembayaran dalam Percakapan yang dimulai oleh pelanggan. Saat pelanggan memulai chat akan diarahkan melalui otomasi maupun Agen AI untuk masuk ke Flow Pembayaran tertentu.

Cocok untuk:

  1. Pembelian produk atau donasi spontan
  2. Lead iklan ke whatsapp hingga transaksi
  3. lead QR yang diarahkan otomasi ke transaksi

Contoh:

Pelanggan mengirim pesan “Saya mau bayar donasi”, sistem
otomatis menampilkan “Flow Ziswaf” dan pilihan metode
pembayaran (VA, eWallet, QRIS), dan pembayaran selesai dalam
satu alur.

Catatan Tambahan

Pemanfaatan model ini tidak menimbulkan beban biaya pesan, artinya dapat menggunakan ini dengan biaya gratis tanpa biaya ke Meta. Dalam case ini penting membangun messaging journey yang tepat antara human, otomation dan Agen AI untuk alur percakapan yang harmonis

Payment Based On System-Initiated Conversation (BIC)

Pembayaran dalam Percakapan yang dimulai oleh pelanggan. Saat pelanggan memulai chat akan diarahkan melalui otomasi maupun Agen AI untuk masuk ke Flow Pembayaran tertentu.


 Cocok untuk:

  1. Reminder pembayaran jatuh tempo
  2. Konfirmasi transaksi
  3. Pengiriman payment alerts yang sinkron dengan sistem bisnis

Contoh:
Sistem mengirim notifikasi “Pembayaran Anda akan jatuh tempo besok”, lengkap dengan tombol bayar otomatis di WhatsApp.

Catatan Tambahan

Implementasi pada payment alern sangat cocok diperhitungkan biaya dengan matang dalam setiap Messaging Journey yang dibangun.

Butuh Konsultasi?