Katalog WhatsApp Sekarang Bisa Dikelompokkan! Yuk Kenalan Sama Fitur Set Produk (MPM)

Sekarang, Katalog WhatsApp makin mudah dan rapi! Fitur WhatsApp Business yang disebut Multi-Product Message (MPM) atau yang di platform Innovasia dikenal sebagai Set Produk.

Fitur ini memungkinkan Anda menampilkan hingga 30 produk dari katalog ecommerce Anda, yang dapat diatur ke dalam maksimal 10 kategori (sections), semuanya dalam satu pesan.

Sangat cocok untuk bisnis yang punya banyak produk dan ingin memberikan pengalaman belanja yang lebih terstruktur kepada pelanggan.

Apa Itu Set Produk / Multi-Product Message (MPM)?

Set Produk adalah solusi yang memungkinkan pengguna platform Innovasia mengelompokkan produk dalam katalog WhatsApp berdasarkan kategori tertentu.

Fitur ini sangat membantu agar pelanggan tidak perlu lagi scroll satu per satu seluruh produk, tetapi bisa langsung memilih berdasarkan kategori yang mereka butuhkan—seperti “Promo Minggu Ini”, “Best Seller”, “Pakaian Wanita”, atau “Elektronik”.

Kegunaan dan Cara Penggunaan MPM di WhatsApp (via Innovasia)

Fitur ini bisa digunakan dalam tiga skenario utama:

  1. Pesan Pembuka (Welcome Message)
    Saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda, Anda bisa memicu pesan pembuka yang langsung menampilkan kategori produk dengan CTA (Call to Action) ke Set Produk. Ini memudahkan mereka langsung memilih produk yang relevan.

  2. Template Broadcast (Pesan Massal)
    Anda bisa membuat template broadcast yang menyertakan CTA ke Set Produk. Ini sangat efektif untuk kampanye promosi yang terarah, misalnya hanya menampilkan produk diskon atau produk baru.

  3. Trigger Percakapan (Conversational Message)
    Saat membalas pelanggan secara langsung, Anda bisa menggunakan pesan template yang sudah berisi tautan ke Set Produk. Dengan begitu, Anda tetap bisa mempromosikan produk tanpa keluar dari konteks obrolan.

 

Cara Mengaktifkan Fitur Ini di Platform Innovasia

Berikut langkah-langkah mengaktifkan dan mengatur Set Produk melalui Innovasia:

  1. Masuk ke modul Produk, lalu buka sub-menu “Group Produk”.

  2. Buat beberapa group produk/kategori sesuai kebutuhan bisnis Anda.

  3. Tambahkan produk ke masing-masing grup yang telah dibuat.

  4. Tentukan penggunaan Set Produk:

    • Jika untuk pesan pembuka, atur pesan pembuka Anda dengan CTA bertipe “Set Produk”, lalu pilih grup produk yang ingin ditampilkan.

    • Jika untuk template marketing, ikuti alur pembuatan template seperti biasa, lalu tambahkan Set Produk sebagai bagian dari isi pesan.

    • Jika untuk trigger percakapan, gunakan template yang sudah berisi tautan ke Set Produk.

  5. Jika digunakan pada pesan pembuka, statusnya akan menjadi template, dan akan melalui proses validasi otomatis oleh Meta (±5 menit).

  6. Jika template ditolak, Anda tidak bisa menggunakan pesan pembuka hingga revisi dilakukan dan disetujui.

  7. Setelah template disetujui, Anda bisa langsung menggunakannya dan memperbarui isi grup produk secara berkala tanpa membuat ulang template.


Hal yang Perlu Diperhatikan

  • Pelanggan harus menggunakan WhatsApp versi 2.22.24 atau lebih baru agar fitur ini bekerja.

  • Template MPM tidak bisa diteruskan (forwarded) ke pengguna lain.


Innovasia: Selalu Terdepan dalam Inovasi WhatsApp Business

Fitur Set Produk (MPM) ini merupakan bagian dari komitmen Innovasia dalam menghadirkan solusi WhatsApp Business yang lebih pintar, efisien, dan relevan untuk bisnis dan filantropi di Indonesia.

Seluruh sistem dikembangkan sepenuhnya oleh anak bangsa, agar bisa menjawab tantangan industri dan kebutuhan lokal secara cepat dan tepat.


Ingin bisnis Anda lebih rapi, lebih mudah dijangkau pelanggan, dan lebih siap bersaing?
Saatnya manfaatkan Set Produk dari Innovasia.
Ubah komunikasi menjadi konversi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *